Senin, 24 September 2007

DEFINISI KOMPUTER


Komputer berasal dari kata to compute, Yaitu hitung. jadi pada awalnya komputer hanya digunakan sebagai alat hitung, namun perbedaan yang mendasar dengan kalkulator adalah bahwa komputer mempunyai logika untuk berhitung, sedangkan kalkulator tidak. Sesuai dengan perkembangan jaman, komputer digunakan manusia untuk memproses pemecahan masalah. Dengan demikian, komputer bukan alat untuk memecahkan masalah, melainkan hanya sebagai alat untuk memproses saja. Komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahaan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan oprasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer membantu manusia dalam kegiatan, antara lain;

  1. Penanganan data dalam jumlah besar, seperti perhitungan sensus dan laporan lain dari suatu Negara

  2. Melaksanakan tugas-tugas rutinyang bersifat berulang-ulang, seperti perhitungan laporan bulanan suatu perusahaan.

  3. Oprasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjauatau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.

  4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumi.

Untuk hal-hal tersebut diataslah komputer di ciptakan, selain menghemat waktu dalam bekerja juga menghemat biaya pengeluaran.



DAFTAR PUSAKA

Agung Setiawan, Pengantar Sistem Komputer, Cetakan Revisi, Informatika Bandung, 2005.


Tidak ada komentar: